Kerjasama Antar Keluarga, Sekolah dan Masayarakat dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Negeri 066650 Medan Kota

Afrahul Fadhila Daulay, Imam Fahmansyah Nainggolan, Nazmi Aisya, Rahmi Maisaroh Lubis, Weni Listini Marbun

Abstract

Penelitian yang di lakukan di SD N 066650 Medan Kota di buat dengan metode kulaitatif dengan pengumpulan data berupa wawancara terhadap guru dan masyarakat sekitar mengenai kotribusi masyarakat, keluarga seta guru terhadap meningkatkan kualitasbelajar siswa. Penelitiab ini di buat untuk mengetahui sberapa besar dan juga seberapa penting konstribusi masyarakat dalam peningkatan mutu sekilah maka dari itu hasil yang kami dapatkan dari hasil penelitian ini iyalah salah satu konstribusi masyarakat terhadap sekolah yaitu dengan adanya komite di sekolah tersebut dimana komite ini berupaya membantu sekolah dengaan kerja sama masyarakt, kemudian ketika orang tua juga melihat kejanggalan terhadap sekolah tersebut maka akan melapor kepada komite yang telah dibentuka dan kemudian bentuk kerjasama yang di bangun orang tua terhada peserta didik dimna dengan melakukan pengontrolan terhadap tugas – tuga syang di berikan serta pengontrolan anak di luar sekolah dan itulah salah satu cara meningkatkan kualitas sekolah yang di lakukan di SD N 066650 Kota Medan

Keywords

Kualitas, Kerjasama, masyarakat, Orang tua, SD N 066650 Medan Kota

Full Text:

PDF

References

Subianto, J. (2013). Peran keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam pembentukan karakter berkualitas. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2). http://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Edukasia/article/view/757.

Amalia, R. N., & Puspytasari, H. H. (2018). Analisis Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Terhadap Akses Orang Miskin Pada Pendidikan. Perspektif Hukum, 315-327. https://perspektif-hukum.hangtuah.ac.id/index.php/jurnal/article/view/151.

Fatmawati, E. (2020). Kerjasama Orang Tua Dan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. IBTIDA', 1(2), 135-150. https://www.journal.stitaf.ac.id/index.php/ibtida/article/view/147.

Ismail, F. (2018). Manajemen Berbasis Sekolah: Solusi Peningkatan Kcalitas Pendidikan. Jurnal Ilmiah Iqra', 2(2). http://journal.iain-manado.ac.id/index.php/JII/article/view/541.

Damanik, R. (2019). Pengaruh Manajemen Berbasis Sekolah dan Komite Sekolah Terhadap Mutu Sekolah. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 5(1), 41-52. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1296308&val=17445&title=PENGARUH%20MANAJEMEN%20BERBASIS%20SEKOLAH%20DAN%20KOMITE%20SEKOLAH%20TERHADAP%20MUTU%20SEKOLAH.

Suryana, D. (2021). Pendidikan anak usia dini teori dan praktik pembelajaran. Prenada Media.

Sukhairani, R. A., Rismi, I., & Izham, M. (2023). Peran Lingkungan Masyarakat Terhadap Kearifan Lokal dalam Perspektif Manajemen Pendidikan Islam. COMSERVA, 2(12), 3044-3053. https://comserva.publikasiindonesia.id/index.php/comserva/article/view/718.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.