Pengembangan E-Modul Interaktif Materi Sistem Tata Surya di Sekolah Dasar

Adien Inayah, Novita Sari Nasution, Dicky Chandra Lubis, Adha Zam Zam Hariro, Tiara Ramadhani

Abstract

Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) memiliki peran penting di tingkat sekolah dasar. Namun, banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi tentang sistem tata surya karena variasi bahasa yang digunakan oleh guru. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah menciptakan sebuah media pembelajaran berupa e-modul interaktif yang difokuskan pada materi sistem tata surya untuk digunakan di sekolah dasar, serta menguji kelayakan modul tersebut dalam pembelajaran di kelas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan menerapkan pendekatan pengembangan ADDIE. Untuk mengumpulkan data, dilakukan penggunaan instrumen berupa kuesioner atau angket validasi yang diberikan kepada profesional di bidang materi, media, dan pakar pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk modul elektronik interaktif yang dikembangkan mendapatkan penilaian sangat baik dari para profesional di bidang media, dengan presentase skor rata-rata sebesar 83,86%. Demikian pula, penilaian dari para profesional di bidang materi juga mendapatkan kategori sangat baik, dengan rata-rata skor presentase sebesar 84,43%. Respons siswa terhadap modul tersebut juga sangat positif, dengan skor presentase sebesar 94,5% dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa e-modul interaktif ini layak digunakan sebagai media pembelajaran dan sumber belajar bagi siswa kelas 6 di sekolah dasar. Penggunaan e-modul interaktif ini dapat meningkatkan produktivitas dalam kegiatan belajar mengajar dengan penggunaan tenaga yang minimal.

Keywords

E-modul interaktif, Media Pembelajaran, IPA.

Full Text:

PDF

References

Abu-Raddad, L. J., Chemaitelly, H., Malek, J. A., Ahmed, A. A., Mohamoud, Y. A., Younuskunju, S., Ayoub, H. H., Al Kanaani, Z., Al Khal, A., Al Kuwari, E., Butt, A. A., Coyle, P., Jeremijenko, A., Kaleeckal, A. H., Latif, A. N., Shaik, R. M., Abdul Rahim, H. F., Yassine, H. M., Al Kuwari, M. G., … Bertollini, R. (2021). Assessment of the Risk of Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2) Reinfection in an Intense Reexposure Setting. Clinical Infectious Diseases, 73(7), E1830–E1840. https://doi.org/10.1093/cid/ciaa1846

Adinda, R., Arum, S., & Yuanta, F. (2019). PENGARUH MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU. In Seminar Nasional Cendekiawan ke (Vol. 5).

Aryawan, I., & Indriani, A. (2020). Working capital management and profitability: evidence from Indonesian manufacturing companies. Diponegoro International Journal of Business, 3(1), 36–46. https://doi.org/10.14710/dijb.3.1.2020.36-46

Atikah, N., Gistituati, N., Fitria, Y., & Syarifuddin, H. (2021). Validitas E-Modul Matematika Sekolah Dasar Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Jurnal Basicedu, 5(6), 6103–6109. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1799

Daryanes, F., Darmadi, D., Fikri, K., Sayuti, I., Rusandi, M. A., & Situmorang, D. D. B. (2023). The development of articulate storyline interactive learning media based on case methods to train student’s problem-solving ability. Heliyon, 9(4). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e15082

Dewi, A. L. S. , & M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPS Materi Keragaman Kenampakan Alam dan Buatan Indonesia pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2).

Dewi, S. R., & Haryanto, H. (2019). Pengembangan multimedia interaktif penjumlahan pada bilangan bulat untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(1), 9. https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.3059

Doringin, F., Mesrani Tarigan, N., Natu Prihanto, J., Optisi dan Optometry, R., & Refraksi Optisi dan Optome-try, A. (n.d.). Eksistensi Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0.

Fitriyah, I., & Jannah, M. (2021). Online Assessment Effect in EFL Classroom: An Investigation on Students and Teachers’ Perceptions. IJELTAL (Indonesian Journal of English Language Teaching and Applied Linguistics), 5(2), 265. https://doi.org/10.21093/ijeltal.v5i2.709

Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237

Khusna, A. (2014). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA POKOK BAHASAN TATA SURYA.

Mimin Ninawati, Burhendi, F. C. A., & Wulandari, W. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Software iSpring Suite 9. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 47–54. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.830

Nasution, A. K. P. , & Tp. M. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Internet. CV. ASSALAM PRESS.

Oktaviani, S., & Arini, N. W. (2021). Pengembangan Media Animation Game Geometry Smart Choice untuk Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 2769–2775. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.970

Rahmania, I., Budiono, B., Soenaryo, S. F., Syakur, Abd., & Tinus, A. (2020). Implementation of Internal Quality Guarantee System to Increase the Quality of Education in Junior High School 21 Malang. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(1), 421–432. https://doi.org/10.33258/birle.v3i1.838

Rohmah, F., Amir, Z., & Zulhidah, Z. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Kontekstual pada Materi Volume Bangun Ruang SD/MI. Jurnal Basicedu, 6(2), 1947–1958. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2262

Sumarsono, A., Sianturi, M., Pendidikan, J., Kesehatan, J., Rekreasi, D., & Musamus, U. (2019). PELUANG MEDIA INTERAKTIF DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama, 6(2). http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE

Syahputri, V. N., Rahma, E. A., Setiyana, R., Diana, S., & Parlindungan, F. (2020). Online learning drawbacks during the Covid-19 pandemic: A psychological perspective. EnJourMe (English Journal of Merdeka) : Culture, Language, and Teaching of English, 5(2). https://doi.org/10.26905/enjourme.v5i2.5005

Szynal-Liana, A., & Włoch, I. (2019). On Jacobsthal and Jacobsthal-Lucas Hybrid Numbers. Annales Mathematicae Silesianae, 33(1), 276–283. https://doi.org/10.2478/amsil-2018-0009

Violadini, R., & Mustika, D. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Metode Inkuiri Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1210–1222. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.899

Widiana, F. H., & Rosy, B. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 3728–3739. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1265

Widiastika, W. , & I. P. D. (2022). The Virtual Initial Reading Teaching and Learning Process during the COVID-19 Pandemic. In International Conference on Elementary Education , 4(1).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.