Pengembangan E-Modul Interaktif Materi Sistem Tata Surya di Sekolah Dasar
Abstract
Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) memiliki peran penting di tingkat sekolah dasar. Namun, banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi tentang sistem tata surya karena variasi bahasa yang digunakan oleh guru. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah menciptakan sebuah media pembelajaran berupa e-modul interaktif yang difokuskan pada materi sistem tata surya untuk digunakan di sekolah dasar, serta menguji kelayakan modul tersebut dalam pembelajaran di kelas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan menerapkan pendekatan pengembangan ADDIE. Untuk mengumpulkan data, dilakukan penggunaan instrumen berupa kuesioner atau angket validasi yang diberikan kepada profesional di bidang materi, media, dan pakar pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk modul elektronik interaktif yang dikembangkan mendapatkan penilaian sangat baik dari para profesional di bidang media, dengan presentase skor rata-rata sebesar 83,86%. Demikian pula, penilaian dari para profesional di bidang materi juga mendapatkan kategori sangat baik, dengan rata-rata skor presentase sebesar 84,43%. Respons siswa terhadap modul tersebut juga sangat positif, dengan skor presentase sebesar 94,5% dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa e-modul interaktif ini layak digunakan sebagai media pembelajaran dan sumber belajar bagi siswa kelas 6 di sekolah dasar. Penggunaan e-modul interaktif ini dapat meningkatkan produktivitas dalam kegiatan belajar mengajar dengan penggunaan tenaga yang minimal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abu-Raddad, L. J., Chemaitelly, H., Malek, J. A., Ahmed, A. A., Mohamoud, Y. A., Younuskunju, S., Ayoub, H. H., Al Kanaani, Z., Al Khal, A., Al Kuwari, E., Butt, A. A., Coyle, P., Jeremijenko, A., Kaleeckal, A. H., Latif, A. N., Shaik, R. M., Abdul Rahim, H. F., Yassine, H. M., Al Kuwari, M. G., … Bertollini, R. (2021). Assessment of the Risk of Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2) Reinfection in an Intense Reexposure Setting. Clinical Infectious Diseases, 73(7), E1830–E1840. https://doi.org/10.1093/cid/ciaa1846
Adinda, R., Arum, S., & Yuanta, F. (2019). PENGARUH MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU. In Seminar Nasional Cendekiawan ke (Vol. 5).
Aryawan, I., & Indriani, A. (2020). Working capital management and profitability: evidence from Indonesian manufacturing companies. Diponegoro International Journal of Business, 3(1), 36–46. https://doi.org/10.14710/dijb.3.1.2020.36-46
Atikah, N., Gistituati, N., Fitria, Y., & Syarifuddin, H. (2021). Validitas E-Modul Matematika Sekolah Dasar Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Jurnal Basicedu, 5(6), 6103–6109. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1799
Daryanes, F., Darmadi, D., Fikri, K., Sayuti, I., Rusandi, M. A., & Situmorang, D. D. B. (2023). The development of articulate storyline interactive learning media based on case methods to train student’s problem-solving ability. Heliyon, 9(4). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e15082
Dewi, A. L. S. , & M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPS Materi Keragaman Kenampakan Alam dan Buatan Indonesia pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2).
Dewi, S. R., & Haryanto, H. (2019). Pengembangan multimedia interaktif penjumlahan pada bilangan bulat untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(1), 9. https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.3059
Doringin, F., Mesrani Tarigan, N., Natu Prihanto, J., Optisi dan Optometry, R., & Refraksi Optisi dan Optome-try, A. (n.d.). Eksistensi Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0.
Fitriyah, I., & Jannah, M. (2021). Online Assessment Effect in EFL Classroom: An Investigation on Students and Teachers’ Perceptions. IJELTAL (Indonesian Journal of English Language Teaching and Applied Linguistics), 5(2), 265. https://doi.org/10.21093/ijeltal.v5i2.709
Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237
Khusna, A. (2014). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA POKOK BAHASAN TATA SURYA.
Mimin Ninawati, Burhendi, F. C. A., & Wulandari, W. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Software iSpring Suite 9. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 47–54. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.830
Nasution, A. K. P. , & Tp. M. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Internet. CV. ASSALAM PRESS.
Oktaviani, S., & Arini, N. W. (2021). Pengembangan Media Animation Game Geometry Smart Choice untuk Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 2769–2775. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.970
Rahmania, I., Budiono, B., Soenaryo, S. F., Syakur, Abd., & Tinus, A. (2020). Implementation of Internal Quality Guarantee System to Increase the Quality of Education in Junior High School 21 Malang. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(1), 421–432. https://doi.org/10.33258/birle.v3i1.838
Rohmah, F., Amir, Z., & Zulhidah, Z. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Kontekstual pada Materi Volume Bangun Ruang SD/MI. Jurnal Basicedu, 6(2), 1947–1958. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2262
Sumarsono, A., Sianturi, M., Pendidikan, J., Kesehatan, J., Rekreasi, D., & Musamus, U. (2019). PELUANG MEDIA INTERAKTIF DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama, 6(2). http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE
Syahputri, V. N., Rahma, E. A., Setiyana, R., Diana, S., & Parlindungan, F. (2020). Online learning drawbacks during the Covid-19 pandemic: A psychological perspective. EnJourMe (English Journal of Merdeka) : Culture, Language, and Teaching of English, 5(2). https://doi.org/10.26905/enjourme.v5i2.5005
Szynal-Liana, A., & Włoch, I. (2019). On Jacobsthal and Jacobsthal-Lucas Hybrid Numbers. Annales Mathematicae Silesianae, 33(1), 276–283. https://doi.org/10.2478/amsil-2018-0009
Violadini, R., & Mustika, D. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Metode Inkuiri Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1210–1222. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.899
Widiana, F. H., & Rosy, B. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 3728–3739. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1265
Widiastika, W. , & I. P. D. (2022). The Virtual Initial Reading Teaching and Learning Process during the COVID-19 Pandemic. In International Conference on Elementary Education , 4(1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.