Analisis Komunikasi Anak Terhadap Minat Mengaji di TPQ Sunan Kalijaga Sidoarjo

Bima Permada Ardiansyah, Qoni'ah Nur Wijayani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komunikasi anak mengenai minat membaca Al-Quran di Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Sunan Kalijaga (TPQ), Sidoarjo. TPQ merupakan lembaga pendidikan keagamaan yang berperan penting dalam membentuk karakter dan minat anak dalam melakukan kegiatan keagamaan, termasuk membaca Al-Quran. Minat anak membaca Al-Quran merupakan faktor kunci dalam menjaga dan mengembangkan pemahamannya terhadap ajaran agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi partisipan dan wawancara terhadap anak dan guru peserta kegiatan  TPQ Sunan Kalijaga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi anak dalam kerangka TPQ mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat membaca Al-Quran. Komunikasi ini terwujud dalam bentuk interaksi dengan guru pengajar, teman sebaya, serta lingkungan pembelajaran yang mendukung. Anak-anak yang merasa diberdayakan, didukung, dan nyaman dalam lingkungan TPQ cenderung memiliki minat mengaji yang lebih tinggi.Faktor-faktor seperti hubungan guru-anak, kualitas materi pengajaran, dukungan keluarga, dan motivasi internal anak memainkan peran penting dalam membentuk komunikasi anak-anak terhadap minat mengaji. Oleh karena itu, pengelola TPQ dan orang tua perlu memahami pentingnya menciptakan lingkungan yang mendukung komunikasi positif anak-anak agar minat mengaji mereka dapat tumbuh dan berkembang.Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga tentang bagaimana komunikasi anak-anak di TPQ dapat memengaruhi minat mereka untuk mengaji, dan implikasinya terhadap pendidikan agama anak-anak di lingkungan TPQ. Studi ini juga dapat menjadi referensi bagi pengembangan program pendidikan agama yang lebih efektif dan berkelanjutan di TPQ serta membantu meningkatkan pemahaman tentang faktor-faktor yang memengaruhi minat anak-anak dalam mempelajari agama.

Keywords

Pendidikan agama, Komunikasi Anak, TPq Sunan Kalijaga

Full Text:

PDF

References

Fatmawati, F. A. (2020). Pola Asuh Orang Tua Dan Pengaruhnya Terhadap Anak. JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood), 1(1), 7. https://doi.org/10.30587/jieec.v1i1.1589

Nida, A. (2023). Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dengan Anak Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Al Qur’an (Studi Pada Tpq Subulussalam, Kelurahan Purbalingga Lor, Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga). Uin Prof. Kh Saifuddin Zuhri.

Silvina, A. (2021). Faktor Penyebab Menurunnya Minat Anak Dalam Belajar Al-Qur’an Di Tpq An-Nafi’u Desa Sukarami Kecamatan Seluma Selatan Kabupaten Seluma. Uin Bengkulu.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.