Kegiatan Muhadarah untuk Mengembangkan Kemampuan Berpidato Santri di Pondok Pesantren Syekh Ibrahim Kumpulan

Elsa Febriyanti, Bambang Trisno, Muhammad Arif

Abstract

Muhadarah merupakan isim maf'ul dari kata hadhara-yadhuru yang memiliki arti menghadiri. Muhadarah juga bisa diartikan juga sebagai pidato seperti yang terdapat dalam kamus bahasa Arab Al-Munawwir “al-muhadarotu†yang artinya ceramah, pidato, kultum. Muhadarah di sebut juga dengan dakwah. Dakwah secara bahasa merupakan bentuk Mashdar dari kata da’-yad'u-da’wah atau nada yang artinya seruan, ajakan, undangan atau panggilan. Kemudian menjadi kata da’watun yang artinya panggilan, atau undangan atau ajakan. Menerapkan Kegiatan muhadarah sebagai salah satu kegiatan  yang wajib di laksanakan di pondok pesantren syekh Ibrahim kumpulan yang di lakukan setiap hari ( Selasa, Rabu, Kamis, & Sabtu ).  Pidato mempunyai arti “ suatu seni penyampaian berita secara lisan yang isinya bisa berbagai macam†pidato adalah tekhnik pemakaian kata-kata atau bahasa secara efektif yang berarti keterampilan atau kemahiran dalam memilih kata yang dapat mempengaruhi komunikasi. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa berpidato itu perbuatan menyampaikan pesan oleh pembicara kepada pendengar dan tidak semua orang dapat melakukan hal tersebut di depan banyak orang. Berdasarkan pada survey yang di lakukan di pondok pesantren syekh Ibrahim kumpulan menunjukkan bahwa adanya Santri yang belum mampu dalam berpidato, tidak bisa menguasai audiens dan kurangnya rasa percaya diri. Tujuan dari penelitian ini adalah  untuk mengetahui pengaruh kegiatan muhadarah terhadap kemampuan berpidato Santri. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan jenis penelitian adalah kualitatif.

Keywords

Muhadarah, Pidato, santri

Full Text:

PDF

References

Ahmad Warson Munawwir, Kamus Arab-Indonesia Al-Munawir, (Yogyakarta: Pustaka Progresif, 1984).

Bambang Trisno, dkk, Optimalisasi Belajar Menyenangkan di Hari Bermutu Pembelajaran pada SD IT Baiturrahim Parik Putuih. Solidaritas: Jurnal Pengabdian tahun 2022.

Erfan Dwi Santoso, dkk, Strategi Ekstrakurikuler Muhadharah dalam Melatih Kemampuan Public Speaking Siswa Mi, Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran, 2021.

Haipa Novia Putri, dkk, Kemampuan Berpidato Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Kotabumi dda Implikasinya, Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), November 2017.

Jalaluddin Rahmad, Metode Penelitian Komunikasi, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004).

Lexy J. Moleong, Metodelogi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005).

Munawir, Muhadharah Sebagai Training Public Speaking Santri (Kajian Pengaruh Muhadharah Terhadap Kemampuan Berpidato Santri di Kabilah Thalibul Jihad Bireuen), Jurnal An-Nasyr: Jurnal Dakwah Dalam Mata Tinta, 2021

Miptah Pauji, Pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan berpidato( Siswa Kelas X SMK Al-Huda Turalak ), jurnal Diksatria, Agustus 2017

Samsul Munir Amin, Ilmu Dakwah, (Jakarta: Amzah, 2009)

Udji Asiyah, Dakwah Simpatik, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2016

Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan

Refbacks

  • There are currently no refbacks.