Literasi Sebagai Praktik Budaya di Kalangan Mahasiswa
Abstract
Artikel ini ditujukan kepada kalangan mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatra Utara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Membaca dan menulis merupakan keterampilan dasar yang harus di miliki oleh setiap mahasiswa, karena keterampilan membaca dan menulis merupakan literasi dasar dari ilmu pengetahuan. Dengan seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi maka literasi memiliki makna yang sangat luas serta memiliki peran yang sangat besar di kalangan masyarakat. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa budaya literasi masih sangat minim di kalangan mahasiswa. Kegiatan literasi hanya di lakukan mahasiswa ketika mereka mendapatkan tugas dari dosen saja, Di luar dari itu hanya sedikit mahasiswa yang melakukan kegiatan literasi. Bahkan perpustakaan jarang sekali di gunakan mahasiswa sebagai kegiatan literasi. Para mahasiswa lebih suka mencari refrensi melalui internet dengan menggunakan telepon genggam ataupun laptop dan komputer. Literasi sebagai praktik budaya belum tumbuh di kalangan mahasiswa.Â
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abiolu, A. & Okere, O. (2012). Environmental literacy and the emerging roles of information professional in developing economics. IFLA Journal, 38(1).
Becker, G. (1964). Human Capital. New York: Columbia University Press.
Burns, Betty, & Ross. (1996). Teaching Reading in Today’s Elementary School. Chicago: Rand College Publishing.
Djoko Saryono. (2019). Literasi: Episentrum Kemajuan Kebudayaan dan Peradaban. Jakarta: Pelangi Sastra
Fischer, Steven R. (1999). A History of Language. London: Reaktion Books Ltd.
Hurford, James R. (2007). The Origins of Meaning: Language in the Light of Evolution. Oxford: University Press.
Kern, R. (2000). Literacy and Language Teaching. Oxford: University Press.
Kilgour, F. G. (1998). The Evolution of the Book. Oxford: University Press.
Miller, J. W dan Michael M. McKenna, (2016). World Literacy: How Countries Rank and Why It Matters. New York: Routledge.
Schultz, T.W. (1961). Investment In Human Capital. America: Economic Review.
Stanovich, K. E. (1986). Matthew Effects In Reading: Some Consequences Of Individual Differences In The Acquisition Of Literacy. Journal Research Quarterly, 1(1).
Stephen Bucer. (2005). Dimension of literacy. A Conceptual Base for Teaching Reading and Writing in School Settings. Lawrence Erlbaum Associates. New Jersey: Publishers Mahwah.
Sultan. (2018). Membaca Kritis: Mengungkap Ideologi Teks dengan Pendekatan Literasi Kritis. Jakarta: Baskara Media.
Tampubolan. (1993). Mengembangkan Minat dan Kebiasaan Membaca Pada Anak. Bandung: Angkasa.
Yuan Sang. 2017. Expanded Territories of “Literacyâ€: New Literacies and Multiliteracies. Journal of Education and Practice, 8(8).
Refbacks
- There are currently no refbacks.