Pengertian, Fungsi, dan Prinsip Perencanaan Pendidikan Islam

Heriansyah H, Marchela Chesasabila, Dela Nur Afifah

Abstract

Setiap kegiatan selalu terdiri dari tiga langkah yaitu persiapan atau perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Persiapan atau perencanaan merupakan langkah awal dalam suatu kegiatan dan mencakup berbagai upaya yang dilakukan untuk mempersiapkan apa yang akan dilakukan. Program pembelajaran harus dipandang sebagai alat yang membantu administrator belajar untuk menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pendidik dengan lebih efektif. Perencanaan membantu mencapai tujuan secara lebih ekonomis dan lebih tepat waktu, dengan peluang pengendalian dan pengawasan yang lebih besar selama pelaksanaannya. Secara umum rencana pembelajaran meliputi penetapan tujuan apa yang akan dicapai oleh kegiatan pembelajaran, metode apa yang akan digunakan untuk menilai pencapaian tujuan tersebut, materi atau materi apa yang akan disampaikan, bagaimana materi akan disampaikan, dan media/alat apa yang akan digunakan. diperlukan untuk ini. Mendukung terlaksananya proses pembelajaran. Studi ini menyimpulkan bahwa program pendidikan Islam yang baik adalah kunci untuk mendorong perkembangan sosial dan moral komunitas Muslim dan menciptakan generasi dengan pemahaman moral dan agama yang akan berkontribusi pada pemahaman yang lebih baik tentang Islam modern.

Keywords

Pengertian, Fungsi, Prinsip, Perencanaan Pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References

Ali, M. Natsir. Dasar-dasar Ilmu mendidik. Jakarta;Mutiara, 1997.

Bukhari, M dkk, Azas-Azas Manajemen. Aditya Media: Yogyakarta, 2005.

Conyers & Hills, Creative Human Resource Planning and Applications. New York Prectice Hall, Inc: A Strategic Approach, 1994.

D. Maribah, Ahmad. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung; Al-Ma’arif, 1981.

Dalimunthe, Ritha F. Keterkaitan antara Penelitian Manajemen dengan Pendidikan dan Pengembangan Ilmu Manajemen. Medan: Universitas Sumatra Utara, 2003.

Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi aksara, 1995.

Hernawan, H A dkk, Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Upi Press, 2007.

Jaelani, A., Nurwadjah Ahmad, E. Q., & Suhartini, A. Landasan Teologis Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam,2020.

Mubin, Fatkhul. Pengertian, Unsur, Prinsip dan Ruang Lingkup Perencanaan Pendidikan, 2020.

Nata, Abuddin, Kapita Selekta Pendidikan Islam. Bandung; Angkasa, 2003

Nawawi, Hadari. Perencanaan SDM untuk Organiasi Profit. Yogyakarta: Gadjah Mada University, 2001.

Sa‟ud, Udin Syaefudin, Perencanaan Pendidikan Suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung: Rosdakarya: 2006.

Saihu, M. M., & Aziz, A. Implementasi Metode Pendidikan Pluralisme Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 2020.

Sanjaya, Wina. Perencanaan dan Desain Sitem Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group, 2015.

Saraswati. Kearifan Budaya Lokal Dalam Persfektif Teori Perencanaan. Jurnal PWK Unisba.

Somantri, Manap. Perencanaan Pendidikan. Jakarta: Taman Kencana, 2014.

Utsman, Kahar & Nadhirin, Perencanaan Pendidikan. Kudus: STAIN Kudus, 2008.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.