Manjemen Stres dan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa yang sedang Mengerjakan Skripsi

ST. Nurkhaliza. A, Andi Nasrawaty Hamid, Novita Maulidya Jalal

Abstract

Mahasiswa yang mengalami tekanan dan ketidakbahagiaan saat menyusun skripsi cenderung mengalami stres. Mahasiswa yang mudah stres cenderung menghindari tugas atau melakukan prokrastinasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh manajemen stres terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Responden dalam penelitian ini berjumlah 148 mahasiswa dengan kriteria mahasiswa (i) aktif Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar angkatan 2017, 2018, dan 2019 yang sedang/telah memprogram mata kuliah skripsi sebanyak ≥ 2 kali. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis uji regresi linear sederhana dengan hasil ada pengaruh manajemen stres (berdasarkan langkah-langkah) terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Hasil analisis data uji beda menunjukkan bahwa manajemen stres dan prokrastinasi akademik yang ditinjau berdasarkan jenis kelamin dan angkatan tidak memiliki perbedaan yang signifikan.  Implikasi dalam penelitian ini menekankan pentingnya pengembangan kemampuan manajemen stres dalam mengurangi prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi.

Keywords

Mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi, Manajemen stres, Prokrstinasi akademik

Full Text:

PDF

References

A’yunina, H., & Abdurrohim. (2019). Hubungan Antara Stres Akademik dan Motivasi Berprestasi Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Prosiding Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula, 2(2), 889–897.

Andarini, S. R., & Fatma, A. (2013). 9 E F ; Hubungan Antara Distress Dan Dukungan Sosial Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Dalam Menyusun Skripsi, 2(2), 159–179.

Burka, J., & Yuen, L. M. (2007). Procrastination: Why You Do It, What to Do About It Now. Hachette Books. https://books.google.co.id/books?id=IXdKDgAAQBAJ

Daldiyono. (2019). How to Be a Real and Successful Student: Buku Panduan untuk Menjadi Sarjana yang Sadar dan Berfikir. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ghufron, M. N., & Risnawati, R. (2010). Teori-teori Psikologis (p. 202). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hasan, M. I. (2002). Pokok-pokok materi metodologi penelitian dan aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Maharani, I., Budiman, A., Psikologi, P., & Psikologi, F. (2020). Hubungan Stress Akademik Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Dalam Masa Pandemi. Prosiding Psikologi, 6(2), 693–699. http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/24257

Muhkam, N. K., Razak, A., & Nurdin, N. H. (2022). Hubungan Antara Pesimisme Dan Prokrastinasi Akademik Dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa Universitas Negeri Makassar. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humonaria, 1(6), 598–605.

Muyana, S. (2018). Prokrastinasi akademik dikalangan mahasiswa program studi bimbingan dan konseling. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 45. https://doi.org/10.25273/counsellia.v8i1.1868

Ramadhani, A. (2016). Hubungan Konformitas dengan Prokrastinasi dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir yang Tidak Bekerja. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(3), 383–390. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i3.4098

Rizvi, A., Prawitasari, J. E., & Soetjipto, H. P. (1997). Pusat Kendali Dan Efikasi-Diri Sebagai Prediktor Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 2(3). https://doi.org/10.20885/psikologika.vol2.iss3.art6

Robbins, S. P. (2013). Organizational Behavior, 15th Edition. United States of America: Prentice Hall.

Rohim, R. (2016). Hubungan Antara Spiritualitas Dan Manajemen Stres Pada Individu Paruh Baya. (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Malang.

Rosario, P., Costa, M., Nunezz, J. C., Gonzalez-Pienda, J., Solano, P., & Valle, A. (2009). Academic procrastination: Associations with personal, school, and family variables. Spanish Journal of Psychology, 12(1), 118–127. https://doi.org/10.1017/S1138741600001530

Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2014). Health Psychology: Biopsychosocial Interactions. Wiley. https://books.google.co.id/books?id=ypODBgAAQBAJ

Soeli, Y. M., Yusuf, M. S., & Ayuba, P. (2022). Hubungan Tingkat Stres Dengan Prokrastinasi Pada Mahasiswa Keperawatan UNG Dalam Penyusunan Skripsi. Jambura Nursing Journal, 4(2), 121–134. https://doi.org/10.37311/jnj.v4i2.15262

Solomon, L. J., & Rothblum, E. D. (1984). Academic procrastination: Frequency and cognitive-behavioral correlates. Journal of Counseling Psychology, 31(4), 503–509. https://doi.org/10.1037/0022-0167.31.4.503

Suhadianto, & Ananta, A. (2022). Bagaimana prokrastinasi akademik mahasiswa indonesia pada masa pandemi covid-19?: pengujian deskriptif dan komparatif. Sukma: Jurnal Penelitian Psikologi, 3(1), 71–81.

Tuckman, B. W. (1991). The development and concurrent validity of the procrastination scale. Educational and Psychological Measurement, 51(2), 473–480. https://doi.org/10.1177/0013164491512022

Wahyuningtiyas, E. P., Fasikhah, S. S., & Amalia, S. (2019). Hubungan Manajemen Stres dengan Perilaku Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa yang sedang Menyusun Skripsi. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 10(1). https://doi.org/10.24036/rapun.v10i1.105006

Widarto, W. (2017). Faktor Penghambat Studi Mahasiswa yang Tidak Lulus Tepat Waktu di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 2(2), 127. https://doi.org/10.21831/dinamika.v2i2.16001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.