Pentingnya Pembelajaran Berbasis Karakter Pada Sekolah Dasar
Abstract
Pendidikan di indonesia saat ini belum berjalan secara maksimal oleh karena itu pendidikan karakter sangat diharapkan akan menjadi sebuah model yang akan dibangkitkan kembali dalam pengembangan sistem pendidikan di Indonesia. Proses pembentukan karakter yang berkualitas perlu dibina sejak usia sekolah dasar. Tujuan pendidikan karakter di sekolah dasar yaitu untuk mengembangkan potensi kalbu dan hati nurani peserta didik agar memiliki jiwa dan kepekaan sosial terhadap diri, keluarga dan lingkungannya. Fungsi pendidikan karakter yaitu menumbuhkembangkan kemampuan dasar peserta didik agar berpikir cerdas, berperilaku yang berakhlak, bermoral dan berbuat sesuatu yang baik, yang bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat. Potensi karakter yang baik sebenarnya telah dimiliki tiap manusia sebelum dilahirkan, tetapi potensi tersebut harus terus-menerus dibina dan dikembangkan melalui proses pendidikan di sekolah. Usia sekolah dasar merupakan masa di mana anak mampu meniru tingkah lalu konkrit setiap yang mereka lihat sehingga ini sangat bermanfaat bagi pembentukan karakter setiap individu. Penanaman nilai-nilai karakter terhadap siswa juga telah dirumuskan dalam Kurikulum 2013 yang mana langkah awal untuk memperbaiki tujuan pendidikan di Indonesia.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Koesoema, A. D. (2007). Pendidikan Karakter. Jakarta.
Yahya, K. (2010). Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri: Mendongkrak Kualitas Pendidikan. Yogyakarta.
Thomas, L. (1992). Educating For Character: How Our School Can Teach Respect And Responsibility. New York.
Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung
Muslih. (2017). Pendidikan Karakter.
Kemendiknas. (2009). Kebijakan Nasional Pendidikan Karakter Bangsa. Jakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.