Penerapan Model Pembelajaran PBL Dengan Bantuan Media Kartu Angka Pada Materi Bilangan Cacah Kurang dari 10.000 Kelas IV SDN Karangayu 01

Sintya Prajna Wardhani, Aghneta Putri Cahyati, Kunti Shouma Tsaniya, Olivia Zakkia Nafis, Najme Muhammad Dliya’ul Haq, Siti Aminatun, Trimurtini T

Abstract

Pembelajaran matematika merupakan salah satu pembelajaran yang penting dipelajari. Namun terkadang dalam pembelajaran matematika peserta didik tidak tertarik untuk mempelajarinya, bahkan menganggap matematika menjadi mata pelajaran yang sulit. Pola pemikiran seperti itu membuat peserta didik sulit untuk memahami materi sehingga tidak bisa mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Upaya yang dilakukan guna mengatasi hal tersebut adalah dengan merancang pembelajaran menggunakan model dan media pembelajaran yang menarik. Guru bisa menerapkan model pembelajaran PBL  yang merupakan suatu model pembelajaran yang berbasis masalah dan  menggunakan media sebagai alat bantu peserta didik untuk memahami materi yang disampaikan. Media yang peneliti gunakan yaitu kartu angka pada materi bilangan cacah kurang dari 10.000 bertujuan supaya peserta didik dapat memahami secara konkret nilai dan tempat dari materi bilangan cacah. Penelitian ini menggunakan teknik analisis dan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode Case Study atau studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  penggunaan model pembelajaran Problem based learning (Pbl) pada pembelajaran matematika materi bilangan cacah sampai 10.000 efektif digunakan hal ini dibuktikan dari hasil evaluasi yang menunjukan sebanyak 25 peserta didik dari 28 jumlah keseluruhan mendapat nilai diatas  65.  

Keywords

PBL, Bilangan cacah, Kartu angka

Full Text:

PDF

References

Kurnia, U., Rifai, H., & Nurhayati, N. 2015. Efektivitas Penggunaan Gambar pada Brosur dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Kelas Xi Sman 5 Padang. Pillar Of Physics Education, 6 (2).

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40-47.

Ananda, Rizki. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Operasi Pengurangan Bilangan Cacah dengan Menggunakan Blok Dienes Siswa Kelas I SDN 016 Bangkinang Kota. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1-11.

Nayazik, A., Suwignyo, J., & Meidika, F. (2019). Peningkatan kemampuan kognitif dalam mengurutkan lambang bilangan melalui media kartu angka. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 160-171.

Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. Quanta, 2(2), 83-91.

Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of scientific communication (jsc), 1(1).

Rusli, M. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48-60.

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Amris, F. K. & Desyandri (2021). Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan ModelProblem Based Learningdi Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Diakses dari: https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1170/pdf

Refbacks

  • There are currently no refbacks.