Pengaruh Emotional Quotient Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa SMA Negeri 1 Mimika

Thesa Aulia Pandung Radha, Ahmad A, Novita Maulidya Jalal

Abstract

Motivasi belajar merupakan suatu dorongan yang timbul dalam diri individu untuk melakukan suatu usaha tertentu dalam mencapai hasil yang diinginkan dalam belajar. Hasil maksimal dapat diperoleh apabila individu mempunyai kemampuan untuk memahami keadaan dan kondisi dirinya. Kemampuan untuk memahami dan mengendalikan keadaan dan perasaan yang dialami disebut dengan kemapuan Emotional quotient. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh emotional quotient terhadap motivasi belajar pada siswa SMA Negeri 1 Mimika. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 283 siswa SMA Negeri 1 Mimika kelas XI dan XII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi p = 0,001 (p<0,05). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif emotional quotient terhadap motivasi belajar pada siswa SMA Negeri 1 Mimika. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap ilmu psikologi terlebih khusus pada bidang psikologi Pendidikan untuk membantu siswa mengentrol dan mengelolah emosi agar memiliki motivasi dan semangat dalam belajar.

Keywords

Motivasi belajar merupakan suatu dorongan yang timbul dalam diri individu untuk melakukan suatu usaha tertentu dalam mencapai hasil yang diinginkan dalam belajar. Hasil maksimal dapat diperoleh apabila individu mempunyai kemampuan untuk memahami keadaan d

Full Text:

PDF

References

Ahmad. (2015). Kecerdasan Emosional dan Hardiness Pada Ibu Rumah Tangga Single Parents. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 20(1), 1–105.

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Aprima, S. G., Islam, U., Imam, N., & Padang, B. (2019). Analisis Kebijakan Program Wajib Belajar 12 Tahun Di. 1, 18–28.

Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 47. https://doi.org/10.26555/jpsd.v4i1.a9594

Halawa, F. A., & Fensi, F. (2020). PENGARUH KECERDASAN EMOSI, LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN DAMPAKNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA. Jurnal Pengabdian Dan Kewirausah, 4(2), 98–111.

Hanifa, Y. (2017). Emotional Quotient dan Adversity Quotient dengan Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 25–33. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i1.4327

Henny, Lisniasari, & Siu, O. C. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Motivasi Belajar Bimbingan Dharma pada Pemuda Buddhis Vihara Dhyana Maitreya Kota Medan Tahun 2021. Prosiding Bodhi Dharma, 1(1), 84–91.

Juliana, & Rozali, Y, A. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Motivasi Belajar Pada Remaja. Jurnal Psikologi, 9, 2. https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Undergraduate-10728-JURNAL.Image.Marked.pdf

Kusuma, I. C., & Rizki, L. M. (2017). Pengaruh Intelegence Quotient (Iq), Emotional Quotient (Eq), Dan Spiritual Quotient (Sq) Terhadap Pemahaman Akuntansi Siswa Di Smk Sumpah Pemuda 2. Jurnal Akunida, 3(1), 29. https://doi.org/10.30997/jakd.v3i1.980

Maryanto, L., Setyowani, N., & Migiarso, H. (2013). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Bermain Peran. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 2(3), 1–8. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk

Nirmala, P. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Mipa Sma Negeri 1 Tilamuta Dalam Pembelajaran Ekonomi Melalui Model Discovery Learning. Normalita (Jurnal Pendidikan), 87–99. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/JN/article/view/620

Nuraisyiah, N., Nurjannah, N., & Rijal, A. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Motivasi Belajar Siswa Program Keahlian Akuntansi. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 13(2), 218. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v13i2.10668

Nurkholis. (2013). PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto. 1(1), 24–44.

Risdayanti, R., & Duryati, D. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Motivasi Belajar Siswa yang Bersekolah Tatap Muka Pada Masa Pandemi Covid-19. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(2), 502–510.

Sarnoto, A. Z., & Romli, S. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional (Eq) Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sma Negeri 3 Tangerang Selatan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 55–75. https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i1.48

Suharni, & Purwanti. (2018). Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 131–145.

Susanto, R., & Sofyan, H. (2019). Analisis Keterkaitan Kecerdasan Emosional (Emotional Quotient) dan Ketahanmalangan (Adversity Quotient) dalam Pembentukan Motivasi Belajar Siswa Kelas VA di Sekolah Dasar Negeri Jelambar Baru 01. Jurnal Dinamika Sekolah Dasar, 1(1), 1–13.

Utama, F. (2018). ESQ Way 165: Alternatif Metode Pengembangan Kecerdasan Emosi dan Spiritual Anak ESQ Way 165: An Alternative Methods to Developing Emotional dan Spiritual Intelligence of Children. 1413(April), 7–12. http://journal2.uad.ac.id/index.php/jecce

Zhaelani, T. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosi dan Persepsi Pola Asuh Permisif terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD. Basic Education. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/10989%0Ahttps://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/viewFile/10989/10535

Refbacks

  • There are currently no refbacks.