Upaya Strategi Digital Marketing Dalam Memperluas Target Pasar Sektor UMKM (Studi Kasus CV Rempang Printing Batam)

Teresia Armeta, Tirani Apriyana, Kesha Katrillah, Nova Natasha, Adzra Afifah Pratiwia, Antony Sentoso

Abstract

Persaingan bisnis menjadikan berbagai perusahaan saling berinovasi dalam menciptakan media promosi untuk memperluas target pasar mereka. Salah satu teknik pemasaran yang tengah berkembang pesat dan trend yakni digital marketing. Strategi pemasaran digital inilah yang juga digunakan untuk mempromosikan UMKM di Indonesia seperti salah satu UMKM di Kota Batam yakni CV. Rempang Printing yang bergerak di industri percetakan dan design sejak tahun 2009. Penelitian deskriptif kualitatif dengan penggunaan teknik analisis reduksi data digunakan sebagai metode penelitian untuk menganalisi apa saja upaya strategi digital marketing guna memperluas target pasar. Hasil penelitian menunjukan CV. Rimping printing sebagai pelaku bisnis UMKM memanfaatkan berbagai platform digital seperti instagram, google maps, dan sebagainya untuk mengoptimalkan promosi produk mereka. sehingga sebaran konsumen yang tidak hanya berasal dari daerah letak perusahaan berada tetapi juga mereka menerima pesanan untuk di luar daerah.

 

Keywords

Digital Marketing; UMKM; Jasa Design

Full Text:

PDF

References

Adi. (2013). Menjawab Tantangan Industri Kreatif di Bidang Penerbitan dan Percetakan Dalam Rangka Meningkatkan Budaya Baca Masyarakat. Konferensi Nasional" Inovasi Dan Technopreneurship". Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Argaditia Mawadati, Ustyannie, W., Sulistyaningsih, E., Agus Hindarto Wibowo, Kartinasari Ayuhikmatin Sekarjati, & Endang Widuri Asih. (2022). Strategi Pemasaran Produk Dengan Whatsapp Business Bagi UMKM. Dharma Bakti, 5(2), 203–211. https://doi.org/10.34151/dharma.v5i2.4043

Asharudin, F., & Dewi, S. P. (2021). Optimalisasi Media Digital sebagai Strategi Pemasaran UMKM pada Masa Pandemi Covid-19. Edimas, 12(3), 549–554.

Cahya, B. T., Widyarani, E., Rohmah, F., & Islamiah, M. H. (2022). Urgensi E-Marketing Berbasis Google Maps pada Keberlangsungan Usaha Entrepreneur Muslim (Studi pada Kabupaten Demak). Kompartemen : Jurnal Ilmiah Akuntansi, 20(1), 126. https://doi.org/10.30595/kompartemen.v20i1.12328

Firdaus. (2004). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning dan Staregy). Manajemen Pemasaran.

Mufti, Y. (2015). Panduan Mudah Pengembangan Google Map Android. Yogyakarta: Andi.

Musnaini, & Suherman. (2020). Digital Marketing. Banyumas: CV. Pena Persada.

P, K., & K.L, K. (2016). Marketing Management. London: Pearson.

Pentak, & Lauer. (2016). Design Basics: Ninth Edition. Australia: CENGAGE Learning.

Raharja, S. J., & Natari, S. U. (2021). Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.32361

Rivandi, Bu’ulolo, & Silalahi. (2019). Penerapan Metode Regresi Linier Berganda Dalam Estimasi Biaya Pencetakan Spanduk (Studi Kasus: PT. Hansindo Setiapratama). Pelita Informatika: Informasi Dan Informatika, 7(3), 263–268.

Saharja, & Gobal. (2021). Pengaruh Waktu Proses Produksi Digital Printing Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Produk Cetak. Jurnal Sains Komputer Dan Informatika, 5(1), 458–469.

Sarwono, H. A. (2015). Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm). Bank Indonesia Dan LPPI.

Sofjan, A. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Grafindo.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV, (April 2015), 327–337.

Wardhana, A. (2022). Strategi Digital Marketing.

Zainal, V. R. (2017). Islamic Marketing Management. Jakarta: Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.