Analisis Tingkat Kesukaran Butir Soal Materi Hukum Newton Tetang Gerak Pada Siswa Kelas VIII.A SMP Negeri 21 Ambon

Safarin Zurimi, Arfia Ipa, Randi H. Latukau

Abstract

Pembelajaran di sebuah sekolah tidak bisa dilepaskan dari berbagai faktor yang mempengaruhinya, baik siswa, guru, sarana dan prasarana, proses kegiatan pembelajaran. Didalamnya terdapat kegiatan evaluasi pembelajaran mutu soal yang dibuat oleh guru mata pelajaran itu sendiri. Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat kesukaran butir soal, daya pembeda soal materi hukum newton tetang gerak pada siswa kelas VIII.A SMP Negeri 21 Ambon. Pada penelitian ini sampel yang di ambil secara acak yang terdiri 12 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan total 24 siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembaran soal tes ujian semester genap mata pelajaran Hukum Newton Tetang Gerak di SMP Negeri 21 Ambon tahun ajaran 2021/2022. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis kualitas Butir Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Fisika Kelas VIII.A Tahun Ajaran 2022/2023 Di SMP Negeri 21 Ambon, yang dilihat dari segi analisis butir soal yang terdiri dari Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda Dan Efektifitas Pengecoh (Distraktror). Dapat disimpulkan bahwa kualitas butir soal memiliki kualitas yang cukup baik. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil analisis berbasis soal secara keseuruhan (reliabilitas) yang menunjukkan bahwa soal sangat reliabel yaitu 0,979. Sedangkan hasil analisis dengan aspek berbasis butir (Validitas, Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda, dan Efektivitas Pengecoh/Distraktor) menunjukkan bahwa butir soal yang berkualitas baik berjumlah 7 butir (35%) (butir soal 4,10,11,14,18,19,20), butir soal berkualitas cukup berjumlah 4 butir (20%) (butir soal, 5,9,16,17), butir soal yang jelek berjumlah 4 butir (20%) (butir soal,1,2,6,12) butir soal yang berkualitas baik sekali berjumlah 5 (25%) (butir soal,3,7,8,13,15)

Keywords

Hukum Newton Tetang Gerak

Full Text:

PDF

References

Anida Rahmaini dan Aditya Nur Taufik. Analisis butir soal pendidikan agama islam

di SMK N 1 sedayu tahun ajaran 2017/2018. Jurnal Mudarrisuna

Arifin. Zainal. 2019. Penelitian Pendidikan. Bandung. PT Remaja Rosdakarya Offset

Arikunto. S. 2020. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara Boothpathiraj. 2013, Analysis Of Test Items On Difficulty Level And Discrimination

Index In The Test For Research In Educationâ€. IRJC, vol.2

Daryanto. 2019. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Emzir 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis. Jakarta: Raja Rapindo Persada

Indah Maulani 2018. Analisis Tingkat Kesukaran Soal Ulangan Harian Buatan Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv SDN Kepuh Denok

Madjid. A. 2015. Peracanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya Mudjijo. 2010. Tes Hasil Belajar. Jakarta: Bumi Aksara

Nana Sudjana 2018. Penilaian Hasil Belajar Mengajar (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya) h. 137

Prastowo S. 2017. Pengertian Analisis Menurut Para Ahli: gurupendidikan Sagala 2016. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Alfabed : Bandung .

Sagala. S. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta Slameto 2015. Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara

Sudaryono. 2019. Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta: Graha Ilmu

Refbacks

  • There are currently no refbacks.