Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran melalui peran pengawas sekolah di SD Negeri 2 Lampahan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang dilakukan dalam dua siklus yang melibatkan 9 orang guru dan 29 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data dilakukan dengan membandingkan hasil dari siklus I dan siklus II. Dan hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil penilaian terhadap kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran menunjukkan hasil yang baik yaitu 55,6% dengan kriteria cukup. Sedangkan aktifitas siswa dengan melihat dan mendengarkan media pembelajaran dengan serius menunjukkan hasil yaitu 80% dengan kriteria baik. Akan tetapi aktifitas siswa dalam menjawab pertanyaan dari sebesar 8% dengan kriteria kurang dan  aktifitas siswa dalam bertanya kepada guru sebesar 20% dengan kriteria kurang. Pada siklus II hasil penilaian terhadap penilaian terhadap kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran menunjukkan hasil yaitu 88,9% dengan kriteria baik, Sedangkan aktifitas siswa dalam melihat dan mendengarkan media pembelajaran dengan serius menunjukkan hasil yaitu 86,2% dengan kriteria baik. Aktifitas siswa dalam menjawab pertanyaan dari sebesar 82,8% dengan kriteria baik dan  aktifitas siswa dalam bertanya kepada guru sebesar 79,3% dengan kriteria baik. Dapat disimpulkan bahwa pentinganya peran pengawas sekolah dalam meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran terhadap 9 orang guru di SD Negeri 2 Lampahan dinyatakan berhasil dengan memberikan pelatihan, pemahaman dan penggunaan media pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
abdul wahid. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkanprestasi Belajar. Istiqra, 5(meningkatkan presgtasi), 173–179.
Abunifah. (2014). Peranan Pengawas Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pengelolaan Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Kepengawasan, 2(2), 71–78.
Asnawati, A. (2019). Upaya Peningkatan Kemampuan Guru Untuk Menggunakan Media Pembelajaran Dalam Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah Sd Negeri 63 Pekanbaru. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10(1), 44–58. https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(1).3098
Fitra, A., Utami, Y., & Sitorus, M. (2019). Pemanfaatan Aplikasi Microsoft Mathematics Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Kemala Bhayangkari 1 Medan. 3(3), 3–6. http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/mantik/article/view/564
Fitra, A., Sianturi, F. A., Pangabean, E., & ... (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Secara Daring Bagi Siswa SMP. Jurnal Altifani Penelitian …, 1(3), 156–167. https://doi.org/10.25008/altifani.v1i3.154
Hasniah, H. (2018). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Menggunakan Media Pembelajaran Dengan Teknik Supervisi Bimbingan Individual di TK Al Hidayah II Kecamatan Pandawan. Jurnal Penelitian Tindakan Dan Pendidikan, 4(4), 1–6.
Kaharuddin, K. (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Pada Masa Pandemi Copid-19 Di Sdn 3 Beririjarak Kecamatan Wanasaba. PAEDAGOGY : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 1(3), 283–289. https://doi.org/10.51878/paedagogy.v1i3.898
Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., Susilawati, I., & Tangerang, U. M. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Miftah, M. (2014). Pemanfaatan Media Pembelajaran Untuk Peningkatan Kualitas Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 2(1), 1. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v2i1.11
Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.16060
Napitulu, M. (2020). Peran Pengawas Sekolah Smk Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED, 4, 543–550.
Rahmah, S. (2018). Pengawas Sekolah Penentu Kualitas Pendidikan. Jurnal Tarbiyah, 25(2). https://doi.org/10.30829/tar.v25i2.378
Setyawati, P., Erawan, E., Zulfiani, D., & Pendidikan, M. (2020). Peran Pengawas Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Negeri 002 Kecamatan Loa Janan. EJournal Administrasi Negara, 8(3), 9208–9220. https://ejournal.ap.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2020/07/Jurnal Putri Setyawati (07-01-20-04-42-18).pdf
Sinerjaya, S., & Fitra, A. (2021). Analisis Kesulitan Pembelajaran Daring dengan Whatsapp. Jurnal MathEducation Nusantara, 4(2), 24–32. http://jurnal.pascaumnaw.ac.id/index.php/JMN/article/view/152
Sutiyah. (2022). Motivasi Pengawas Sekolah dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan di Kabupaten Aceh Tamiang. JoIEM (Journal of Islamic Education Management), 2(2), 28–34. https://doi.org/10.30762/joiem.v2i2.3391
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Refbacks
- There are currently no refbacks.