Pemenuhan Hak Anak Dalam Menunjang Pemasyarakatan Yang Mengedepankan Hak Asasi Manusia

Maskur Hidayat, Ali Muhammad

Abstract

Child protection is an integral part of human rights. Every child has the right to live, develop, and be protected from all forms of discrimination, violence, and exploitation. Special protection is afforded to children involved in the justice system, including those engaged in legal violations, children who are victims of crimes, and children who serve as witnesses in legal proceedings. The research method employed is a normative juridical approach, and the research methodology used is a descriptive-analytical approach to elucidate the situation and information related to the fulfillment of children's rights within correctional institutions. Therefore, to fulfill children's rights in accordance with Law Number 35 of 2014 concerning child protection, correctional facilities must provide special treatment for children.

Keywords

Correctional Institutions, Child Rights, Child Protection

Full Text:

PDF

References

Ditjenpas. (2018). Manual Penggunaan SDP. https://sdp.ditjenpas.go.id/panduan/MaksuddanTujuan.html

DP3AP2 Yogyakarta. (2022, October 6). Penuhi Kebutuhan dan Perlindungan Hak Anak. https://www.dp3ap2.jogjaprov.go.id/berita/detail/688-penuhi-kebutuhan-dan-perlindungan-hak-anak

Dwi Nurjannah, F., & Yustitianingtyas, L. (2020). Pelaksanaan Hak Pendidikan Anak Di LPKA Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak.

Elly M. Setiadi, H. Kama Abdul Hakam, R. E. (2016). Ilmu sosial dan budaya dasar. Jakarta : Kencana Prenada Media Group , 2008.

Fitri, A. N., Riana, A. W., & Fedryansyah, M. (n.d.). 9 Perlindungan Hak-Hak Anak Dalam Upaya Peningkatan Kesejahteraan Anak.

Nurendah, G., Musthofa, M. A., & Maslihah, S. (2019). Model Pengasuhan Bagi Anak Didik Lpka. Jurnal Psikologi Insight, 3(2). https://doi.org/10.17509/insight.v3i2.22348

Nuryadi, H. D., Fakultas Hukum, M. H., Karawang, S., Ronggowaluyo, J. H. S., Jambe, T., & Karawang, T. (2016). Teori Hukum Progresif Dan Penerapannya Di Indonesia. Jurnal De’Jure Kajian Ilmiah Hukum, 1(2).

Pangestika, A. W., & Nurwati, N. (2020). Fungsi Lembaga Pembinaan Khusus Anak Dalam Melaksanakan Program Pembinaan Berbasis Budi Pekerti Pada Anak Didik Pemasyarakatan.

Siddiq, S. A. (2015). Pemenuhan Hak Narapidana Anak dalam Mendapatkan Pendidikan dan Pelatihan. Pandecta: Research Law Journal, 10(1). https://doi.org/10.15294/pandecta.v10i1.4195

Simatupang, T. H., Pengkajian, P., Kebijakan, P., Raya, J., Cinere, G., & Selatan, J. (2009). Pelayanan Publik Pada Lembaga Pemasyarakatan (Analisis Hukum: Peningkatan Kualitas Sistem Kunjungan Di Lapas) (Vol. 7, Issue 1). Pelayanan Publik pada Lembaga Pemasyarakatan.

Standar Pelayanan Dasar Perawatan Kesehatan di Lapas, Rutan, Bapas, LPKA DAN LPAS, 2015..

Suhartini, E. (n.d.). Hak Kebebasan Beribadah Bagi Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas Ii B The Right To Freedom Of Worship For Prisoners In Class Ii B Prisonical InstitutionS.

Taufiqurrahman, & Padmono Wibowo. (2021). JUSTITIA : Jurnal Ilmu Hukum dan Humaniora Strategi Pemenuhan Hak Pendidikan Narapidana Anak Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Taufiqurrahman, Padmono Wibowo. 8(1). https://doi.org/10.31604/justitia.v8i1.324-333

Undang-Undang Dasar Repulik Indonesia Tahun 1945.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak

Undang Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak

Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 Tentang Pemasyarakatan

Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1999 Tentang Syarat dan Tatacara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan

Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2012 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1999 Tentang Syarat dan Tatacara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan

Yulianto, & Ernis. (2016). Lembaga Pembinaan Khusus Anak Dalam Perspektif Sistem Peradilan Pidana Anak. Kementerian Hukum Dan HAM RI: Badan Penelitian Hukum Dan HAM.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.