Pentingnya Pendidikan Pancasila Dalam Membentuk Karakter Dan Moral di Lembaga Pendidikan

Lena Natalia, Yakobus Adi Saingo

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membahas mengenai pentingnya pendidikan Pancasila dalam  membentuk karakter dan moral di lembaga pendidikan. Penelitian menggunakan metode studi kepustakaan yang ulasannya dilakukan secara deskriptif dengan materi penunjang yang diperoleh dari berbagai literatur dan pembahasannya terfokus pada topik penelitian terkait pendidikan Pancasila. Data dianalisis secara reduktif yang mendeskripsikan hasil pembahasan bahwa pendidikan Pancasila  memainkan peran yang sangat penting dalam membentuk karakter dan moral peserta didik di Indonesia yang sudah selayaknya diterapkan sejak di tingkat Sekolah Dasar. Pancasila merupakan dasar negara dan ideologi Indonesia, oleh arena itu harus mampu mewujudkan nilai-nilai Pancasila dalam berperilaku untuk mewujudkan persatuan dan keharmonisan setiap warga negara di tengah keberagaman. Pendidikan Pancasila bukan sebatas memahami teori-teori, tetapi juga tentang mengimplementasikannya dalam praktek hidup sehari-hari sebagai investasi jangka panjang dalam pembentukan generasi muda yang memiliki nilai-nilai karakter yang bermoral dan berkarakter unggul sebagai bangsa dan Negara.

Keywords

Pendidikan Pancasila, Karakter-Moral, Lembaga Pendidikan

Full Text:

PDF

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980.

Danniarti, R. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Pendukung Tumbuh Kembang Wawasan Kebangsaan pada Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 7 Palembang. JMKSP: Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 2(2), 187–202.

Dwiputri, F. A., & Anggraeni, D. (2021). Penerapan Nilai Pancasila dalam Menumbuhkan Karakter Peserta didik Sekolah Dasar yang Cerdas Kreatif dan Berakhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1267–1273.

Faiz, A., & Purwati. (2022). Peran Guru dalam Pendidikan Moral dan Karakter. Jurnal Education And Development, 10(2), 315–318.

Nispiani, N., Asrin, & Sobri, M. (2023). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah Di SDN 32 Cakranegara. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 4699–4713.

Nurohmah, A. N., & Dewi, D. A. (2021). Penanaman Nilai Moral dan Karakter di Era Pandemi melalui Pendidikan dengan Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 119–127.

Pratiwi, N. T. (2021). Analisis Implementasi Pendidikan Pancasila Sebagai Pendidikan Karakter Di SD Negeri 002 Tanjungpinang Barat. IJED: Indonesian Journal of Educational Development, 2(3), 439–449.

Putri, D. (2023). Stategi Peningkatan Ketahanan Pangan Dalam Kaitan Perencanaan Indonesia. Journal of Local Food Security, 4(1), 115–124.

Risdiany, H., & Dewi, D. A. (2021). Penguatan Karakter Bangsa Sebagai Implementasi Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(4), 696–711.

Saingo, Y. A. (2022). Penguatan Ideologi Pancasila Sebagai Penangkal Radikalisme Agama. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(2), 147–160.

Sakinah, R. N., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Karakter Dasar Para Generasi Muda Dalam Menghadapi Era Revolusi Industrial 4.0. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 152–167.

Sulastri, Syahril, Adi, N., & Ermita. (2022). Nilai-Nilai Pancasila sebagai Pendidikan Dasar, Sudah Selayaknya Ditanamkan Sejak Dini. JRTI: Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 7(3), 413–420.

Sulianti, A., Efendi, Y., & Sa’diyah, H. (2022). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dalam Lembaga Pendidikan. JPK: Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 54–65.

Sunaryati, T., Setiawan, A. A., Darmawan, A. S., Nurlaela, S., & Dewi, S. A. (2023). Menanamkan Nilai Karakter pada Peserta Didik melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 13698–13703.

Yani, F., & Damayanti, E. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Melalui Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membangun Sikap Toleransi Pada Mahapeserta didik Di Universitas Potensi Utama. Jurnal Lex Justitia, 2(1), 48–58.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.